Bolehkah Aqiqah Anak Dilaksanakan Sesudah Hari Ke-7 Kelahiran?

Dalam beberapa ayat Al-Quran, kelahirkan anak sering dikatakan sebagai al busyro, yang ini berarti berita bahagia Ya Moms, hati Anda serta pasangan tentu bahagia menyongsong kelahiran sang kecil sebab berarti Allah SWT memercayakan amanah untuk jaga makhluk ciptaan-Nya dalam bimbingan Anda. Ada amalan yang diperintah Allah sesudah kelahiran anak, yaitu jalankan aqiqah.Aqiqah ialah menyembelih seekor kambing untuk anak wanita serta dua ekor kambing untuk anak lelaki di hari ke-7 kelahiran bayi. Perintah aqiqah diterangkan dalam hadits Rasulullah SAW:

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ رَأْسُهُ وَيُسَمَّى =رواه ابو داود والترمذي والنسائي وابن ماجه واحمد

Dari Samurah, Rasulullah SAW sudah bersabda, “Tiap anak tergadai dengan ‘aqiqahnya, yang disembelih buatnya di hari ke-7, dicukur rambutnya, serta dinamakan” (Hadits sahih kisah Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah, Baihaqi, serta Hakim)

Dalam hadits itu diterangkan jika Rasulullah memerintah umat Islam untuk jalankan aqiqah di hari ke-7 kelahiran anak. Bagaimana jika aqiqah dilaksanakan melewati waktu itu?

Menurut Ustaz Erick Yusuf aqiqah jakarta , pimpinan instansi ceramah iHAQi, hukum aqiqah anak sebetulnya ialah sunah muakad, yaitu amalan sunah yang diutamakan. Rasulullah memang memberikan contoh aqiqah dilaksanakan di hari ke-7, tetapi jika tidak dapat menyembelih kambing di hari itu, dapat dilaksanakan sesudahnya.
“Aqiqah memang diutamakan di hari ke-7. Tetapi jika kalau tidak dapat, tak perlu dipaksakan. Kelak saja jika ada rejeki,” jelas Ustaz Erick.

Selanjutnya, Ustaz Erick menerangkan jika orangtua tidak dapat melakukan aqiqah untuk anaknya di hari ke-7, aqiqah dapat dilaksanakan di hari ke-14 atau ke-21. Serta dapat dilaksanakan waktu anak itu dewasa.

“Ada yang lakukan aqiqah waktu anaknya telah besar. Serta jika telah dewasa belum di-aqiqah, anak itu bisa aqiqah untuk dirinya. Sebab anak yang belum di-aqiqah itu ibarat anak yang tergadaikan,” lebih Ustaz Erick.

Jadi Moms, aqiqah untuk anak memang seharusnya dilaksanakan di hari ke-7 sesudah kelahirannya. Tetapi jika rejeki belum memenuhi, aqiqah anak dapat dilaksanakan di lain hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *